Minggu, 28 April 2013

Warna Ayam Kalkun

Macam Kalkun Berdasarkan Warna ( I )


Kalkun Terkenal karena memiliki berbagai macam variasi Warna. Disini akan saya bahas Macam warna kalkun. Terutama yang ada di indonesia yang pernah saya lihat langsung.

  1. Bronze Turkey
  2. Black Winged Bronze
  3. Black Spanish (Norfolk Black)
  4. Royal Palm
  5. Tree colour (sweetgrass)
  6. White Holland
  7. Red Bourbon
  8. Buff
  9. Narragansett
  10. Pencilled
  11. Tigress
Berdasarkan warna2 diatas, 3 warna paling atas adalah warna2 primer. yang artinya dari 3 warna tersebut akan menurunkan keturunan menjadi warna2 dibawahnya atau warna itu sendiri. 

1. Bronze Turkey

Bronze Turkey atau disebut juga sebagai kalkun hitam biasa, merupakan kalkun yang paling banyak dan paling mudah ditemukan diindonesia terutama di jogja dan magelang.

Kalkun Bronze Jantan




Kalkun Bronze Jantan (wikipedia)
Warna dominan hitam, dan berkilauan dibawah sinar matahari, Ekor berwarna coklat, serta ujung ekor berwarna putih, sayap hitam bergaris2 putih. Warna betina mirip dengan jantan, akan tetapi untuk betinanya tidak begitu gemerlap dibawah sinar matahari.


2. Black Winged Bronze

Black Winged Bronze (BWB) sama halnya dengan kalkun Bronze, Kalkun ini juga termasuk mudah ditemukan. Perbedaan paling mencolak antara Bronze biasa dan BWB adalah pada sayapnya. Sayap BWB berwarna hitam polos dan tidak bergaris2, diatas bulu sayap terdapat warna coklat yang lebih cerah serta lebih lebar daripada yang terdapat di kalkun bronze biasa.

Black Winged Bronze Jantan
Black Winged Bronze Betina



3. Black Turkey / Black Spanish / Norfolk Black

Kalkun jenis ini jarang di temukan diindonesia, berwarna dominan hitam, termasuk juga bagian sayap dan ekornya hitam. biasa juga disebut hitam polos atau hitam dop.
Black Spanish
Pejantan Black Spanish (www.esteshatchery.com)
                                           
betina black spanish
Betina Black Spanish (slowfoodusa.org)

                                                 
Ketiga jenis kalkun ini adalah jenis2 kalkun degan warna primer yang mana akan menurunkan berbagai macam jenis warna kalkun yang ada.

Bersambung 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar